Implementation of The Philosophy of Sumbang Duo Baleh in Instilling Early Childhood Character Values at The Islamic Kindergarten of Masjid Raya Jihad Padang Panjang

Sumbang Duo Baleh

  • Sri Intan Wahyuni STIT Diniyyah Puteri Rahmah el Yunusiyyah, Padang Panjang
  • Azzahra Nurmadani
  • Faiz Fauzan El Muhammady
  • Zulfikri Zulfikri
Keywords: Sumbang Duo Baleh Philosophy, Character, Early Childhood

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keunikan penanaman nilai karakter anak usia dini melalui penerapan filosofi sumbang duo baleh di TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui landasan penerapan filosofi sumbang duo baleh dan mengetahui tahap perancangan, pelaksanaan dan evaluasi dalam implementasi filosofi sumbang duo baleh dalam penanaman karakter anak usia dini di TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang mana peneliti mendeskripsikan dan menginterpretasikan temuan lapangan yang didapat dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tahap reduksi data, kemudian penyajian data dan yang terakhir adalah penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi filosofi sumbang duo baleh di TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang berlandaskan pada Peraturan Walikota Padang Panjang Nomor 64 Tahun 2019 tentang kurikulum muatan lokal PAUD berbasis budaya Minangkabau. Implementasi sumbang duo baleh dimulai dari tahap pertama yaitu perancangan. Perancangan penerapan sumbang duo baleh dicantumkan dalam poin Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang melandasi pelaksanaan pembelajaran di TK Islam Masjid Raya Jihad. Tahap kedua yaitu pelaksanaan. Pada tahap pelaksanaan, filosofi sumbang duo baleh dintegrasikan dengan seluruh kegiatan harian anak. Tahap yang ketiga yaitu penilaian. Penilaian pada pada implementasi sumbang duo baleh dilakukan dengan melakukan pencatatan harian. Belum ada asesmen dan pelaporan khusus yang dilakukan dalam penilaian implementasi filosofi sumbang duo baleh di TK Islam Masjid Raya Jihad Padang Panjang. Implementasi filosofi sumbang duo baleh dapat menanamkan nilai karakter pada anak sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djohar. (2006). Pengembangan Pendidikan Nasional Menyongsong Masa Depan. Yogyakarta: CV. Grafika Indah.
Femmy, Undri. (2009). Kurikulum Muatan Lokal di Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu dalam Perspektif Sejarah. Padang: BPNB Padang.
Firdaus. (2014). Sejarah Pendidikan Islam di Minangkabau Abad XVII-XVIII M. Padang: Imam Bonjol Press.
Hasan, Maimunah. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA Press.
Ibrahim. (2014). Tambo Alam Minangkabau. Bukittinggi: Kristal Multimedia.
Jamil, Muhammad.(2022). Sumbang 12. Bukittinggi: Cinta Buku Agensi.
Karwati, Euis. Pengembangan Pembelajaran Dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edu Humaniora Vol. 6, No. 1. 2014.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta.
Khoiri, Nur. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan Ragam, Model & Pendekatan. Semarang: South East Asia Publishing.
Mustaqimah, Zulfa. Nilai-Nilai Parenting Islami Dalam QS An-Nisaa’ Ayat 9 Telaah Tafsir Al-Mishbah Karya Muhammad Quraish Shihab. Tesis Magister Universitas Islam Indonesia Yogyakarta : 2021.
Muzakki & Puji Yanti Fauziah. Implementasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Budaya Lokal di PAUD Full Day School. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Vol. 2 No.1. 2015.
Panjaitan, Ade Putra, dkk. (2014). Korelasi kebudayaan & Pendidikan Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Purnama, Sigit, dkk. (2022). Kurikulum & Pembelajaran PAUD. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Rohmah, Umi. Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4 No.1. 2018.
Samsinar, dkk. (2022). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Tulungagung: Akademia Pustaka.
Setiadi, Elly M, dkk. (2006). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Jakarta: Kencana.
Siswoyo, Dwi, dkk. (2013). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sidiq, Umar & Moh. Miftachul Choiri. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: Nata Karya.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Cet. Ke 8. Bandung: Alfabeta.
______________. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cet. Ke 19. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, Mohamad Syarif & Durotul Yatimah. (2021). Pengantar Pendidikan. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Surtati, Tatik. (2018). Pendidikan Karakter untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Aksara Media Pratama.
Syakhrani, Abdul Wahab & Muhammad Luthfi Kamil. Budaya dan Kebudayaan: Tinjauan dari Berbagai Pakar, Wujud-Wujud Kebudayaan dan 7 Unsur Kebudayaan yang Bersifat Universal. Jurnal Cross Border Vol. 5 No.1. 2022.
Tsauri, Sofyan. (2015). Pendidikan Karakter Peluang dalam Membangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-05-01
How to Cite
Wahyuni, S. I., Azzahra Nurmadani, Faiz Fauzan El Muhammady, & Zulfikri, Z. (2024). Implementation of The Philosophy of Sumbang Duo Baleh in Instilling Early Childhood Character Values at The Islamic Kindergarten of Masjid Raya Jihad Padang Panjang . Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, 8(2), 88-99. https://doi.org/10.51529/ijiece.v8i2.495